Kamis,19 Januari 2023

KKKS Kecamatan Lopok

Ratna,S.Pd.SD

Judul               : Maju bersama PSP 2

Tema               : Pengimbasan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Narasumber     : 1.Janeda,S.Pd

                           2.Ratna,S.Pd.SD

 

 Assalaamu Alaikum Sahabat  Pembaca.semoga sehat selalu dan dilimpahkan      keberkahan oleh Allah SWT.Mari kita ikuti pemaparan kegiatan KKKS Kecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa NTB.

 

Hari rabu sampai dengan kamis,tanggal18,19 Januari 2023,bertempat di SDN 2 Langam KKKS Kecamatan Lopok melaksanakan kegiatan Work Shop pengimbasan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang di singkat P5.

 

Acara Pembukaan dilaksanakan kurang lebih 30 menit.Yang bertugas pada acara pembukan,Ibu Sri Rohana,S.Pd selaku pembawa acara,ibu  Juneria Astuti,S.Pd selaku dirigen,H Amiruddin,S,Pd pemimpin doa,dan dihadiri oleh segenap panitya dan pengurus KKKS  dan bapak ibu guru se kecamatan Lopok.

 

Kegiatan tersebut di mulai tepat pukul 09.00 Wita, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya  dan Mars Sumbawa Gemilang dilanjutkan dengan acara pembukaan oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Lopok Ibu Siti Nurainun,S.Pd  serta doa bersama,istirahat dan penutup.

 

Setelah acara pembukaan di tutup,kegiatan work shop dilanjutkan dengan penyajian narasumber  dari Kepala Sekolah Penggerak angkatan 2 Kecamatan Lopok yaitu ibu Ratna,S.Pd.SD Kepala SDN Leweng yang memaparkan tentang  Proyek   

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dengan antusiasme peserta kegiatan, beberapa pertanyaan dan masukan disampaikan peserta dalam forum diskusi. selama kurang lebih satu jam.

 

Setelah  mengikuti penyajian Dari narasumber pertama,dilanjutkan dengan penyajian narasumber ke dua materi penyusunan modul ajar P5 oleh  ibu Janeda,S.Pd kepala SDN Tatede Dalam.

Penyajian materi oleh ibu “Jane”sapaan akrabnya tidak kalah menariknya dengan pemateri pertama.

Bu Jane mengupas tuntas tentang modul P5,menceritakan pengalaman yang sudah diterapkan di sekolahnya,menjawab semua pertanyaan peserta dengan penuh antusias dalam forum diskusi sehingga tak terasa waktu berakhir,dengan penugasan pembuatan Draf modul P5 kepada peserta.

 

Kegiatan hari kedua peserta diberikan kesempatan berdiskusi dalam kelompok sekolah masing-masing selama satu jam,dilanjutkan dengan presentasi hasil kerja kelompok.sesuai nomor undian.

 

Dalam tahap presentasi,SDN 2 Lopok mendapat kesempatan pertama,dengan presenter hebat bapak Abdul Razak ,S.Pd.SD dengan tema kearifan lokal dan topic pengenalan dan pembuatan “Senuk Lopok”.Presenter mendapat antusias yang luar biasa dari peserta, terbukti dengan banyaknya masukan yang diajukan dalam  tahap diskusi.

 

SDN 2 Langam mendapat kesempatan berikutnya dengan presenter ibu Nurhidayah,S.Pd yang memaparkan modul  P5 dengan tema kewirausaan dan topic budi daya sayuran organic juga mendapat sambutan hangat dari peserta.Beberapa masukan  diberikan peserta kepada SDN 2 Langam demi kesempurnaan proyek.

 

Dengan rampungnya pemaparan dari presenter ke dua,tidak terasa waktu bersisa sepuluh menit, dilanjutkan dengan refleksi kegiatan sebagai masukan untuk pelaksanaa kegiatan berikutnya.

 

Setelah melakukan refleksi kegiatan,dilanjutkan dengan tugas mandiri penyusunan modul P5,yang dilakukan di sekolah masing masing,dengan  tehnik pendampingan kombinasi selama tiga hari.

 

Sahabat pembaca penasaran! dengan kegiatan KKKS Kecamatan Lopok? Yuk! di simak video berikut

https://youtu.be/T26CpvVW75U

semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua.

\

Tak ada gading yang tak retak.Begitu juga dengan pemaparan hari ini,semoga tetap sehat,aktif menulis.

 

#Tulisanmu warisanmu#

#Ayo Menulis setiap hari#

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini